AYO BERENANG


Berenang, Olahraga Rekreasi Dan Kebugaran Bagi Lansia


Secara umum kondisi fisik seseorang yang telah memasuki masa lanjut usia mengalami penurunan. Perubahan-perubahan tersebut pada umumnya mengarah pada kemunduran kesehatan fisik dan psikis, sehingga secara  umum akan berpengaruh pada aktivitas kehidupan sehari-hari.
Salah satu olahraga yang dianggap aman dan baik untuk lansia adalah berenang. Orang lanjut usia atau lansia sangat rentan terjatuh dan cedera. 
Jatuh adalah masalah kesehatan yang utama pada orang tua. Jatuh dapat menyebabkan patah tulang, trauma kepala dan luka berat lainnya. 





Berenang atasi penyakit
“Ayo renang sebelum sakit, jangan baru berenang setelah punya penyakit,” olahraga air memiliki beberapa kelebihan antara lain lebih menyenangkan, lebih efektif , aman serta nyaman. Sementara olahrga di darat kecendrungan untuk cedera, kepanasan, berkeringat dan rasa lelah berlebihan.
“ Olahraga air meningkatkan lima komponen fitness fisik: aerobic fitness, kekuatan otot, daya tahan otot, fleksibilitas dan komposisi tubuh dimana setiap komponen berperan penting untuk menunjang kesehatan tubuh,” 
Itulah sebabnya renang cocok untuk semua usia khususnya untuk rehabilitasi,  terapi bagi lanjut usia. Olahraga renang memiliki peran dalam menyelesaikan berbagai macam  permasalahan seperti stres (dalam segi rohaniah) dan juga mampu memberi rangsangan pada tubuh dalam menyembuhkan penyakit (dalam segi  jasmaniah).
Olahraga renang baik bentuk aktivitasnya maupun medianya yaitu   kolam renang, telah berfungsi sebagai terapi kesehatan (hydrotherapy) guna  mengatasi masalah-masalah kesehatan seperti hipokinesia (kurang gerak), muskuioskeletal, penyakit dalam, dan masalah psikis.
Olahraga renang  merupakan salah satu olahraga kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah) yang bermanfaat untuk meningkatkan VO2 maks yaitu volume oksigen maksimal yang dapat diambil tubuh saat melakukan kegiatan dan penurunan denyut nadi  istirahat.
Namun demikian, dalam melakukan  olahraga renang tidak boleh mengalami kelelahan yang berlebihan. Bila  intensitasnya berlebihan dapat terjadi sesak napas, nyeri dada, atau pusing.



Meningkatkan kebugaran

Berenang bagi lansia  dan penderita beragam penyakit memang sangat bermanfaat salah satu sifat air yang dapat memberi manfaat adalah kemampuan untuk merangsang kerja jantung secara lebih efisien yang berhubungan dengan tekanan hydrostatic yaitu menekan seluruh titik permukaan tubuh kita secara merata.
Hal ini berdampak membantu sirkulasi dan tekanan darah serta mempengaruhi detak jantung yang tidak tinggi soalnya renang akan memompa volume darah ke jantung kita.
Dampak lainnya juga akan terasa pada persendian karena faktor buoyancy atau daya apung mempunyai efek daya dukung pada tubuh dalam air sehingga mengurangi rasa sakit pada otot, tulang dan persendian.
Manfaat lainnya pada otot karena gerakan di air justru membakar kalori yang lebih banyak dan selanjutnya dipergunakan untuk penguatan otot. Fibromvalgia, suatu keadaan otot yang terus terasa nyeri bisa diatasi dengan latihan renang dan aquarobic ini.
Pengurangan berat badan juga bisa terjadi karena pembakaran kalori yang tinggi terlebih bila menggunakan peralatan seperty buoyancy belt, floats dan lainnya. Penyakit osteoporosis, asma dan gangguan pernafasan lainnya juga bisa diatasi dengan berlatih dalam air.

Secara umum berenang mempunyai 10 manfaat 




1. Meningkatkan kekuatan otot dan tulang
Bagi yang menjalankan rutinitas yang kebanyakan duduk tegak di sekolah atau di kantor, berenang bisa dijadikan olahraga rutinmu, lho. Dengan berenang, otot dan tulang jadi semakin kuat karena seluruh ototmu akan bergerak dan akan terbentuk sempurna. Kamu tidak bisa menggerakkan seluruh tubuh dengan hanya bersepeda atau lari.
2. Menyehatkan jantung dan paru-paru
Gerakan-gerakan ketika berenang dapat membuat aliran darah lebih lancar dan dengan sendirinya pernapasan akan terlatih menjadi lebih kuat dan panjang. Studi di Indian Journal of Physiology and Pharmacology menemukan bahwa perenang memiliki jumlah udara yang masuk dan keluar paru-paru lebih baik saat pernapasan rilek dibandingkan pelari.
3. Sekaligus sebagai latihan kardio
Berenang mengharuskan kamu terus bergerak. Jika tidak, kamu bisa tenggelam. Nah, gerak yang terus menerus ini merupakan olahraga kardio.
4. Menurunkan berat badan
Bagi yang ingin menurunkan berat badan dengan sehat, berenanglah dengan rutin. Dengan berenang selama setengah jam, setidaknya 200-300 kalori di dalam tubuhmu akan terbakar. Namun itu semua harus didukung juga dengan gaya hidup sehat lainnya ya.
5. Meningkatkan tinggi badan
Membiasakan berenang saat masa pertumbuhan sangat membantu meningkatkan tinggi badan. Berenang sangat membantu pembentukan otot dan pertumbuhan tulang.
6. Menyingkirkan stres dan depresi
Mungkin kamu tidak sadar bahwa dengan menyentuh air hatimu akan terasa lebih tenang. Apalagi berenang, kamu akan merasa rileks dan mood meningkat. Ketika berenang, otot-ototmu akan mengalami peregangan dan relaksasi, disertai dengan teknik pernapasan yang beriringan. Begitulah mengapa berenang dapat menyingkirkan stres dan depresi.
7. Meningkatkan keseimbangan
Berenang adalah tentang keseimbangan. Kedua tangan dan kaki bergerak, mengembangkan otot-otot di perut dan punggung bawah. Berenang juga dapat membantu meregangkan serat otot dan juga ligamen. Umumnya, orang yang rutin berenang memiliki keseimbangan yang stabil.
8. Menurunkan risiko diabetes
Risiko diabetes dapat berkurang karena berenang mampu membakar kalori, lemak, dan gula. Berenang tiga kali seminggu dengan masing-masing berdurasi 30 menit, kalori yang terbakar bisa mencapai 900 kalori. Ini sangat memungkinkan kamu terbebas dari diabetes.
9. Menjadikan awet muda

Berenang dapat membuat tetap bugar di usia senja dan usia bisa lebih panjang. Menurut riset dari Indiana Unversity, berenang mempengaruhi tekanan darah, kadar kolesterol dan kesehatan jantung serta pembuluh darah, kesehatan sistem saraf pusat, fungsi kognitif, massa otot, kimiawi darah yang lebih identik ditemukan pada orang yang lebih muda. Dan jika kamu rutin berenang, di usia senja nanti kamu akan terlihat 20 tahun lebih muda.
10. Mencerdaskan otak

Menurut studi di Journal of Physiology, aliran darah ke otak meningkat sampai 14 persen ketika pria menceburkan diri di air sampai jantungnya. Mereka mengatakan bahwa tekanan air di rongga dada berhubungan dengan hal itu.
Semoga bermanfaat dan ayo kita renang .


Disadur dari berbagai media 

Related

Tips Rumah 3707548547365089891

Posting Komentar

emo-but-icon

Populer

Comments

Loading...

Gabung Anaya reseller


PELUANG KERJA SAMA

PELUANG KERJA SAMA
LIHAT IG @ YM_PROJECT

FACEBOOK

ANAYA HIJAB

ANAYA HIJAB
Gamis dan hijab Anak bermerk

www.youth muslim store.com

www.youth muslim store.com
Gamis Muslimah Syari dan trendy
item